Tuesday, February 08, 2011

Sejak Saat Itu

Tahun 80-an akhir, Kadang ada untungnya punya bokap sopir taksi. Bayangin aja, gue bukan dari orang berkecukupan, menempati rumah sempit bersama 5 orang abang, and 1 empok. tidur maen sundul-sundulan, tapi kita kayaknya selalu nikmatin idup sebagai idup.

Temen - temen gue kadang berdecak kagum, kenapa gue bisa begitu apal setiap belokan yang ada di ibukota (gak tau ya kalo sekarang), karena memang peran babe gue yang kalo waktu senggang ngajak anak-anaknye keliling kotanya pak Prapto (waktu itu gubernurnye Masih R Suprapto). Buat gue itu hal yang biasa banget, tapi temen - temen yang dateng dari daerahnya masing - masing nganggap gue jadi Peta Jakarta berjalan... hehehehehehe

Akses ke tempat - tempat hiburan elit ketika itu juga bisa dengan mudah kita masuki... Taman Mini, Kebun Binatang Ragunan, sampe ancol bisa kita masuki cuma - cuma. tiap hari minggu senggang, do'i kadang ngajak jalan - jalan gue n the gank (abang2) buat ngunjungin tempat - tempat itu.

Nah ada satu tempat yang sampe sekarang masih membekas, Namanya Gelora Senayan (Sekarang Gelora Bung Karno).

Musim itu kesebelasan Kota Mode dan Pizza menjadi kampiun di Liga dan Eropa (padahal gue juga waktu itu gak ngarti yang namanya Italia atau Eropa). Bokap gue tau, gue ada bakat dikiiiit banget ama yang namanya menggocek Kulit Bundar.

Suatu Ketika, hari masih terang... Bokap pulang lebih awal dari biasanya. Biasanya sih
kalo punya rencana laen bokap pasti pulang cepet. Masih dengan seragam birunye, do'i negur gue.

"No, ke Senayan yuk, nonton bola? mandi sana buruan" Ujarnya Singkat. Sementara Emak, begitu denger suara bapak otomatis keluar bawa teh manis di mug kaleng, ama "empleng"* yang dibikin buat camilan anak - anak badungnya.

Gue yang lagi gangguin emak masak (Gue paling setia dah nunggu emak masak, sambil maenin sayur yang dah disiangin, atau ngambil gorengan yang masih ngepul). Denger kata bola, senayan... gak ada pikir panjang dah, gue tinggalin tuh setengah empleng (dari 3 yang udah gue abisin duluan) langsung gue lari ke kamar mandi, nimba 2 ember. bunyi kriyet - kriyet katrol yang kebanyakan kena aer begitu menyayat. byar - byur slep - slep... ganti baju pake kaos bola kesayangan gue dengan no. 7 di punggung.

Teh bapak baru diminum beberapa teguk, Empleng juga masih nyisa. Gak berapa lama, gue udah muncul lagi di teras.

"Yuk!" kata gue ama bapak.

Emak Keki Berat, tapi buat ngurangin jajan emak berpesan ama gue n bapak.

"Bungkusin nih empleng, lumayan buat ngemil disana, daripada jajan" kata emak, sambil ngebungkusin empleng and masukin teh ke kotak aer yang seminggu kemaren di beliin bapak sebagai hadiah naek kelas gue.

Sampe senayan, ternyata pemandangannya luar biasa, orang bejubel - jubel ngantri karcis. Seperti biasa, bapak gak kudu ngikut - ngikut ngantri, cukup ngelambai tangan ke keamanan (yang kebetulan kenal), kita berdua udah bisa masuk.

Di Pintu masuk, tampak orang mengerubungi bis yang baru aja masuk pelataran. dari Bis itu keluar orang - orang yang selama ini cuman gue liat di tipi doang.

Ada Gullit (gue ngenalin banget tuh rambut gimbalnye), Donadoni, Van Basten, Ancelloti, Maldini, Baresi, Tassoti.... beeeeuh, gak kebayang dah girang banget. apalagi Belanda waktu itu baru jadi kampiun eropa.

Baju yang dikenakan ama mereka kayak gak ada di toko - toko pasar Pedok tempat gue beli baju bola. Merah Item, ada tulisan Lotto di dadanye, Lambang AC. Milan, trus bacaan Motta... Ama tuh keamanan kenalan bapak, kita diajak nonton dari pinggir lapangan, ampe bau keringet pemain cadangannye juga kedengeran cuy.

Selama pertandingan, gue kayak gak kedip ngeliatin aksi mereka mengolah kulit bundar. dalam pikiran gue (suatu saat gue pengen jadi pemain bola terkenal), sesekali gue tiruin gaya mereka, orang - orang bule tinggi gede itu (pemain cadangan milan) jadi tergelitik ngelirik aksi gue. Lalu mereka tertawa sambil nunjuk2 gue. kalo udah gitu, gue buru - buru balik ke kaki bapak yang dari tadi udah ngomel - ngomel mulu.

"Awas, entar di marahin loh deket-deket situ" Seru Bapak. Ditangannya masih mengepal empleng yang udah siap dijejelin ke mulut gue.

Begitu pertandingan usai, salah seorang pemain mendatangi gue, didampingi ama seorang yang jago banget meng-artikan kata2 tuh bule (LO, maksudnye). di tangannya udah ada satu kaos warna merah item. Ngeliat tuh bule dateng (emang si bule ini ngetawain mulu kalo gue lagi niru gaya pemain dilapangan), langsung lari ke kaki bapak, n meluk kenceng banget tuh sambil ngelirik si bule

gue gak tau tuh bule ngomong apaan, tapi cewek cakep yang nerjemahin bilang gini.

"Halo, saya Albertini. Wah, kamu berbakat ya, jangan malas - malas latihan terus ya. Ini baju buat kamu, dukung terus milan"

Gue yang takut, gak bilang apa - apa, gue ambil aja tuh baju. terus langsung ngumpetin lagi muka gue ke paha bapak. Bapak disalamin ama tuh orang, gue juga dipegang kepalanye.

sepanjang jalan di taksi butut itu, gue gak berenti - berenti cerita ke bapak. Bapak juga cerita tentang klub bola yang tadi gue tonton.

Sejak saat itu, yang namanya AC Milan nancep banget di hati gue.

notes:
* Empleng = Penganan kesukaan gue, buatan emak. bahannya sederhana, Terigu, Gula Merah ama kelapa, terus di goreng pake minyak dikit, di lebari kayak bikin telur dadar or roti cane... Mak nyus. Empleng cuma salah satu dari sekian banyak kreasi emak gue

Posted under real circumstance, source will be published and will not claimed as its own writing

1 comments:

Anonymous said...

salam hormat buat bokap.... harta yang paling berharga adalah keluarga