Wednesday, November 28, 2007

Anak Sekecil Itu.... Iwan Fals Day

Gak tau What's Happen that day.... udah lama gue gak denger, nyanyi'in lagu2nya yang udah lama gue kenal.

Bayangin aja pertama kali otak gue dicekokin sama lagu-lagu macam tampomas, 1910, nona, bongkar, mata dewa, badut, oemar bakri, tince sukarti, mungkin waktu itu gue belum kenal sama seragam putih merah, lendir masih sering keluar masuk idung gue. tapi dibalik perelisihan abang2 gie buat milih kaset mana yang kudu diputer di satu2nya tape merk "grundig" hasil bokap gue nabung, sementara 5 abang2 gue punya selera masing-masing, ada yang seneng fariz RM, Genesis, Chrisye, ada yang demen sama Mus Mujiono dan konco2nya, ada yang demen Gong 2000 and soneta group sampe beatles, the who, rolling stones etc lah. abang2 gue mungkin gak tau kalo bokap beli itu grundig buat nyetel waldjinah kedemenan bokap and nyokap gue. kalo udah gini rumah jadi rame kayak kapal pecah, ada aja yang protes. nyokap (alm) yang diem2 punya koleksi nasyida ria and tarling lebih memilih diam.

Cuma satu yang bisa jadi jalan tengah. setiap kaset Iwan Fals masuk ke itu grundig, gak ada yang komplain. Suara parau yang keluar dari grundig tanpa garansi (jaman itu belum kenal garansi) seakan menjadi pemersatu perbedaan yang ada dikeluarga gue. mungkin itu yang juga merangsang gue buat naek sepeda 10 km dari rumah gue di pancoran ke pasar rumput, buat beli gitar yamaha-yamaha an. ceban boss, and gue bisa belajar pesawat tempur sepuas-puas acan.

By the way, selera musik gue-pun berkembang dengan mengadopsi dan menyadur semua coba memahami setiap keinginan abang2 gue, itung2 memperkaya wawasan musik booo, tanpa batas, mau keroncong, seriosa, rock, pop cengeng ala betharia sonata sampe lagu perjuangan and begadang ala soneta gue lahap. gak keitung lagu2 dari the police, beatles, pink floyd, genesis, roxette yang mengisi otakku, sampe mettalica yang gue bela2in bolos sekolah demi nonton konsernya di lebak bulus.

Setelah lebih dari 20 tahun gue kenal sosok Virgiawan Listatnto dan karya-karyanya, seakan moment-moment itu kembali hadir di hadapan muka gue, gak tau kenapa, di kedai halimun sebelah tiba tiba lagu badut mengalun dengan keras, belum lagi Pesawat Terbang dan segala macemnya. memancing gue buat ngambil gitar yamaha beneran, and nyanyi'in lagu'lagu bang iwan.

sorenya gue main ke "cafe gue" di bilangan pajajaran. eh lagi-lagi mp3 iwan dinyanyi'in, ibu2 yang ada malah berkaraoke pake lagu-lagu itu, padahal acaranya ulang tahun anak2 mereka. gue cuma senyum-senyum. coba nenangin diri nyomot majalah yang emang disedia'in buat pengunjung cafe and boutique ini, tenyata yang kepilih itu majalah rolling stone special issue: editor's choice 2007 (terbitan mei 2007) dengan cover gede menghias gambar sang bapak tanpa kumis baplang yang dulu jadi ciri khasnya... "Iwan Fals".

Pulang dari cafe di jalan udah gak keliatan matahri lagi, pantes emang lha wong udah jam 8 malem, mana ada matahari. naek angkot 03 nganter do'i ke sindang barang... eh tuch anak kecil yang duduk di pinggir pintu penumpang kayak ngerti aja, dengan iringan ukulele and ketipung ala pipa dan ban dalem, mereka gak ragu2 nyanyi'in

tince sukarti binti mahmud
gadis desa yang berwajah lembut
kuning langsat warna kulitmu
maklum ayah arab, ibunda china

gak ragu gue keluarin seceng-an dari kantong, gak peduli waktu itu tanggal tua. gue pikir2 mungkin waktu lagu itu pertama ngetop, bokapnye tuch anak paling masih pake putih-biru, belum ada niat punya pacar, apalagi bikin anak, masih sibuk mencetin jerawat and pusing sama perubahan tone suaranya.

darimane tuch anak tau lagu itu yaa.....

dan satu lagi, di majalah-majalah, blog fan ditulis, bang iwan tinggal di desa leuwinanggung bogor. sama gak ya sama leuwinanggung deket leuwiliang Kab Bogor Barat...??? karena gue sering banget lah ke leuwinanggung yang deket leuwiliang. sapa tau bisa mampir trus nyanyi bareng bang iwan atau sekedar ngopi - ngopi lah

one thing for sure. Virgiawan Listanto, U give Indonesia a Brighter Colour to face life.

0 comments: